Suharso dan Taj Yasin Bersaing Rebut Ketum PPP

by
Indonesia

JAKARTA, CILACAP.INFO – Jelang Muktamar IX PPP, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengungkap calon kuat Ketua Umum PPP selanjutnya. Menurutnya, sampai saat ini mengerucut pada dua nama yakni Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin putra ulama almarhum KH Maimoen Zubair.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir membuka Muktamar secara virtual dari Istana Bogor. “Pak Jokowi nanti akan buka membuka Muktamar PPP secara virtual dan akan menyampaikan sambutan beliau, harapan beliau,” ujar Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani.

Arsul juga menuturkan, pencalonan Ketua Umum PPP dalam Muktamar IX 18 Desember mendatang masih terbuka baik dari internal maupun tokoh atau kalangan di luar partai selama memenuhi persyaratan yang berlaku dalam AD/ART.

Namun begitu, ia melanjutkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan jumlah bakal calon yang bersaing di perebutan jabatan Ketum PPP 2020-2025 akan bertambah mendekati hari pelaksanaan Muktamar IX PPP pada 18 hingga 21 Desember mendatang.

Arsul menyatakan, Muktamar IX PPP akan berlangsung secara demokratis.

“Sampai saat nanti muktamar itu dimulai, siapa pun berhak mencalonkan diri atau dicalonkan. Sepanjang memenuhi syarat AD/ART, kami panitia pelaksana muktamar itu akan menerima yang bersangkutan sebagai calon ketum,” tutur Wakil Ketua MPR itu.

Arsul menambahkan, persaingan antar-bakal calon Ketum PPP periode mendatang berlangsung dengan baik dan tidak ada aksi jegal menjegal hingga saat ini.

Pihaknya berharap kontestasi pemilihan Ketum PPP periode 2020-2025 tidak memunculkan perpecahan di partai berlambang Ka’bah itu.

“Sejauh ini kontestasi berlangsung baik, tidak ada jegal menjegal, karena kita tidak ingin muktamar ini sebagai bibit perpecahan baru. Nanti, siapapun yang terpilih akan merangkul yang tidak terpilih untuk menghadapi pemilu ke depan,” ucapnya.